Practical Traveling Tips - Part 2: Biar Nyaman Selama Traveling

Baca juga Practical Traveling Tips - Part 1: Biar Survive Selama Traveling untuk tips yang lebih penting.

Kita Bisa Memilih Seat Pesawat

Yang tengah aisle seat, yang pojok window seat.
Sumber: huffingtonpost.com

Mungkin banyak orang sudah tahu kalau kita bisa memilih nomor seat pesawat. Tetapi saya baru sadar ternyata banyak orang juga yang tidak tahu kalau kita bisa milih seat, bahkan dia adalah orang yang sering melakukan penerbangan. Sebagian besar bisa, tapi ada beberapa Low Cost Carrier (LCC) yang memberi harga pada pemilihan seat, contohnya Air Asia.

Jika Anda melakukan checkin offline (di bandara, bertemu petugas, tidak online), Anda bisa meminta nomor seat ke petugas maskapai saat checkin. Tapi beberapa maskapai kita cuma ditawari untuk window seat, aisle seat, atau ingin bersebelahan dengan seseorang. Pilihan ini sebenarnya terserah Anda, sesuai selera Anda. Window seat memiliki kelebihan yaitu bisa leluasa melihat keluar melalui jendela. Apabila Anda seorang pecinta skyporn, pilihlah window seat. Aisle seat adalah seat yang paling dekat dengan lorong, cocok untuk orang yang sering ke kamar mandi pada saat penerbangan. Saya sendiri suka memilih window seat, alasannya akan saya jelaskan di bagian berikutnya.

Selain checkin di bandara, atau di konter checkin di kota Anda, Anda juga bisa melakukan checkin secara online. Umumnya checkin online dilakukan pada website maskapai, Anda bisa googling sendiri untuk portal checkin setiap maskapai. Beberapa Online Travel Agent (OTA) juga sudah mengintegrasikan fitur online checkin ke sistemnya, seperti Traveloka. Pada saat checkin online, Anda juga bisa memilih seat, bahkan lebih bebas daripada saat kita meminta ke petugas di bandara.

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada saat Anda menggunakan kereta api. Bedanya, Anda melakukan pemilihan seat pada saat Anda membeli tiket kereta api, bukan pada saat checkin.

Jadilah Yang Terakhir Berdiri dan Keluar

Ini pada ngapain sih?
Sumber: shutterstock

Pada saat landing, amatilah, tangga untuk turun ke pesawat belum dipasang, pintu pesawat belum dibuka, bagasi juga masih di bawah pesawat, tapi orang-orang sudah terburu-buru berdiri dan ambil bagasi kabin. Trus mereka ngapain? Berdiri sambil nenteng bagasi kabin selama 5-10 menit, lalu mereka berdesak-desakan turun pesawat, di terminal kedatangan menunggu bagasi utama keluar, berdiri, lama.

Saya nggak bilang itu salah sih, tapi, ngapaiin?

Kayaknya sih kebiasaan turun bus/kereta nggak di tujuan akhir, jadi mesti buru-buru, keburu jalan lagi busnya.

Saya punya saran yang lebih cerdas. Pilihlah window seat, setelah landing tidak usah buru-buru berdiri. Duduk manis saja dan berfoto-foto dulu lewat jendela. Mau baca koran dulu juga boleh. Tapi jangan lupa juga mengamati bagasi kabin Anda agar tidak diambil orang. Setelah pesawat mulai sepi, ambillah bagasi kabin Anda di atas. Lalu berjalanlah turun pesawat dengan santai, tanpa perlu berdesak-desakan. Nah, sesampainya di terminal kedatangan, eh bagasi utamanya sudah keluar, nggak usah nunggu berdiri lama-lama.

Saran ini berlaku untuk Anda yang tidak pipis setiap saat, karena sangat merepotkan untuk pipis kalau window seat.

Group Traveling Itu Lebih Murah

Bareng-bareng
Sumber: agapepress.org

Saya pernah melakukan solo traveling saat ke Bali, Nusa Lembongan, dan Nusa Penida. Bisa dibilang itu menyenangkan, tanpa banyak politik dan banyak mikir, pancal wae. Tapi saat solo traveling itu, saya menyadari suatu hal, yaitu pada beberapa hal, group traveling itu bisa lebih murah. Contoh nyatanya dari pengalaman saya adalah:

  • Penginapan/homestay saya dulu ternyata muat buat 2-4 orang, tergantung ukuran badan.
  • Saya sewa motor 2x di Nusa Lembongan dan Nusa Penida, kalau perginya jumlahnya genap, bisa bonceng-boncengan.
  • Tarif snorkeling atau selancar akan lebih murah kalau 3-4 orang atau lebih. Kalau sendiri, harus mau nebeng rombongan lain wkw.
  • Jika Anda kepepetnya naik taksi, offline maupun online, akan lebih murah kalau 3-4 orang sekaligus.
Intinya, pada beberapa hal, akan lebih murah kalau traveling 3-4 orang.

Comments

Popular posts from this blog

Reflecting and Improving Your Life Using Your Phone

Practical Traveling Tips - Part 1: Biar Survive Selama Traveling